Thursday, March 6, 2014

Gadget Freak – Positif Vs Negatif Gadget Bagi Remaja

Adakah anda selalu "melekat" dengan smartphone, tablet dan gajet-gajet lain? Jika ya, tanpa anda sedari, anda mempunyai satu penyakit iaitu............... GADGET FREAK!!!!-

Gadget freak adalah kata yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin gencar dan pengguna gadget semakin banyak. Jadi, si gadget freak pasti berkeliaran dimana-mana.
Tergila-gila dengan gadget alias gadget freak memang tidak selalu merugikan. Ibarat kata, segala sesuatunya memiliki untung rugi. Contohnya si gadget freak tentu saja bakalan update dengan perkembangan informasi teknologi.

Faktor Penyebab Gadget Freak

Seseorang menjadi gadget freak disebabkan oleh 2 faktor, iaitu faktor kebiasaan dan lingkungan. Faktor inilah yang menjadi masalah utama bagi si penderita gadget freak.
Menggilai gadget sebenarnya bukanlah suatu kelainan kerana hal ini hanya akibat dari impak sosial seperti lingkungan atau kebiasaan seseorang. Orang sejak kecil terbiasa dengan teknologi cenderung menjadi penggila gadget.
Seorang gadget freak selalu saja terisolasi dari lingkungan sosialnya. Aspek-aspek sosial terhadap gadget menimbulkan impak negatif untuk si gadget freak bahkan akibatnya fatal kerana ia menyebabkan kurang hingga hilangnya proses interaksi si penggila gadget dengan lingkungan sekitarnya.
Disarankan agar para gadget freak mencari kegiatan lain yang lebih positif dan meningkatkan interaksi dengan lingkungan, misalnya bergabung ke kelab olahraga, seni atau kelompok pelajar.

Untung dan Rugi Gadget Bagi Remaja

Tidak dinafikan bahwa sekarang banyak beraneka ragam gadget yang ditawarkan. Tapi tahukan Anda, kalau itu bakal membawa nilai positif dan negatif bagi diri. Berikut ini, daftar keuntungan dan kerugian yang dirasakan oleh remaja yang memiliki gadget.
Keuntungan
  • Memudahkan mencari bahan pelajaran.
  • Tidak ketinggalan zaman dan tetap update dengan informasi
  • Mudah berkomunikasi dengan teman dengan beragam aplikasi untuk berkomunikasi
  • Mampu menambah link networking atau teman-teman baru
Kerugian
  • Bakal lupa waktu. Kalau tidak atur waktu
  • Intens berkomunikasi secara langsung bakal berkurang
  • Tugas terbengkalai akibat lupa waktu
  • Tidak dapat berhemat kerana harga gajet tidak murah.
  • Informasi yang begitu terbuka, sehingga remaja dapat membuka informasi yang negatif seperti seks dll
Nah, itulah masing-masing lima keuntungan dan kerugian menggunakan gadget bagi anda. Semoga gadget anda mampu membawa ke arah yang lebih baik dan jangan menggunakannya ke arah negatif.

No comments:

Post a Comment